Sabtu, 18 Januari 2014

E-Goverment

E-government adalah suatu bentuk sistem baru pemerintahan  yang akan mampu membantu pemerintah dalam hal transparansi informasi serta layanan masyarakat secara online.
Pengertian lainnya yaitu sebuah bentuk atau model sistem pemerintahan yang berbasis teknologi informasi.
Contoh  E-goverment dalam pelayanan kepada masyarakat melalui online/website sehingga diminimalkan  kontak langsung pegawai pemerintah dengan masyarakat yang di layani  untuk  menghindari praktek KKN , contohnya pelayanan pasport pada dept Imigrasi, pelayanan pembayaran listrik dll,  Contoh E-govermen lain adalah terbukanya pemerintah menyajikan informasi kinerjanya dalam WEBSITE seperti Dept Keuangan informasi piranti lunak/SOP kerja , dan berita2 lain semua tersaji. pastinya berikut sangat di tunggu-tunggu  pelayanan-pelayanan pajak dan transparansi penyetoranya shg wajib pajak semakin yakin pajaknya benar-benar di terima kas negara.
Pemerintahan yang transparan Adalah impian semua Karena Pemerintah yang transparan pasti akan membawa kemakmuran bagi rakyatnya, pemerintah yang transparan dalam  menjalankan kekuasaannya menerapkan prinsip-prinsip keterbukaan yang akan  membuka kontrol masyarakat yang dipimpinnya sehingga pemerintah terus menerus memperbaiki kinerjanya .
Dalam hal ini pemerintah perlu mendapat dukungan semua pihak guna kelancaran proses transformasi yang sudah tidak dapat tertunda-tunda lagi, sedikitnya SDM di lingkungan pemerintahan yang trampil dalam pengelolaan teknologi sehingga dirasa lambat  kemajuan pemanfaatan teknologi .

INTERKONEKSI JARINGAN” Embrio E-Goverment
www.interkoneksi.besaba.com 

Web site ini persembahan seorang kawan  untuk kemajuan teknologi di Polda DIY khususnya dan instansi pemerintah pada umumnya, silahkan di browse website tersebut di atas , website yang menceriterakan. Tentang interkoneksi yang  telah di terapkan di Polda Diy sejak tahun 2011 . 
Website yang cocok bagi yang masih malu-malu  ingin berteknologi cocok untuk pegawai pemerintah yang semula resisten terhadap  system tenologi yang kemudian menyadari akan laju teknologi tak bisa di pungkiri, silahkan  faham dulu barangkali muzizat mengantarkan kita faham teknologi secara outodidak, syukur syukur langsung praktek, teknologi adalah lebih pada  ketrampilan, tidak menuntut  teori   di fahami lebih dulu, langsung praktek tanya sana tanya sini, searching sana searching sini insyaalah asyik dan puas mendapatkan hal baru secara mandiri.
Mengkaitkan website tersebut sebagai embrio E-Goverment adalah hasil pengamatan pelaksanaan E-goverment pada beberapa instansi pemerintah yang hanya sampai tingkat  ada dan dilaksanakan belum menuju substansi yang sesungguhnya sehingga impact bagusnya belum  di rasakan, bahkan  sampai sejauh ini  ini rasanya malah bikin susah saja penerapan teknologi karena hanya berupa kwajiban input data bagi satuan kerja / unit kerja bawah , dan itu  banyak di sebabkan tidak terfahaminya kemampuan teknologi di tingkat supervisor, mereka hanya mengandalkan inisiasi operator yang tidak memiliki otoritas sebagai design system dan tidak mempunyai kompetensi analisis,  padahal kompetensi analisis maupun kemampuan inovasi desgn sangat diperlukan agar  semakin berdaya guna system yang ada. Akhirnya semakin banyaknya system teknologi yang sia-sia di buat meskipun system ini di bangun dg  anggaran yang sangat mahal. Semoga Website yang menuntun kita berteknologi dg teknik yang sederhana mudah dan gratis ini menjadi di minati para supervisor yang mulai tidak menolk teknologi.

Gmail-ku sudah punya cucu


Terkaget-kaget dan campur bangga  setelah beberapa hari terakhir ini di G+ Polsek di jajaran Sleman sudah mulai exsist, selidik punya selidik akhirnya saya  mengerti bahwa itu cucu dari  interkoneksi  bagian pengendalian Program Birorena Polda DIY  , memang hukum  alam  sangat mengerti mana yang bisa di bendung mana yang harus segera laju. Mengapa saya sebut  cucu adalah  karena Gmail Polsek Jajaran Sleman  di bentuk dengan cara yang sama Gmail seluruh jajaran Polda pada fungsi perencanaan 
Akhirnya mulai berfikir membuat materi pelatihan operator Polsek dalam mengoperasikan G+, mengapa?  agar tidak ada benturan di tengah tengah masyarakat, karena kita memang saatnya membuka diri,  saya sebagai penggagas ide ini bertanggung jawab sepenuhnya,  bahkan siap untuk di adu argument bahwa teknologi yang sangat mungkin di kembangkan secara  gratis ini bila di fahami para birokrat  akan mempercepat terwujudnya E-Goverment.

Bila teknik ini di fahami dan di terima, Untuk fungsi operasional yang ingin menerapkan teknologi ini saya punya teknik sangat jitu megendalikan anggota di lapangan silahkan hubungi saya pada email sutarmini.bunda@gmail.com  atau pada alamat web tersebut di atas , sudah ada konsep bagaimana menyajikan data real time yang bisa di tampilkan pada hp smartphone para pemimpin.

Menjawab pertanyaan seberapa aman Gmail untuk perkantoran?
Memang ini yang menjadi kendala perkembangan interkoneksi Polda DIY sementara ruang untuk sosialisasi nyaris langka, disisi lain perlu pemahaman bagaimana Gmail menjaga reputasinya untuk tidak mudah di sadap pihak lain, untuk meyakinkan kepada pengguna saya salalu menjawab sebatas data-data yang kita operasikan pada Gmail adalah data publik Google menjamin sangat keamanan data dimaksud.

Berikut ini gambar tampilan website


Page G+ Polsek kalasan



Oleh : Kompol Sutarmini

0 komentar:

Posting Komentar